Rabu, 15 Agustus 2018

23.Warehouse Management System : Manhattan Associate SCALE





Perangkat lunak Menejemen Gudang atau Warehouse Management System / WMS Manhattan Associates menetapkan standar untuk teknologi dan inovasi manajemen gudang terdepan, baik dalam solusi cloud maupun on-premise.
Menggunakan algoritma canggih dan eksklusif untuk mengatur dan mengoptimalkan operasi secara matematis, Manajemen Gudang mempercepat arus barang dan informasi untuk memungkinkan eksekusi tanpa cela di seluruh di seluruh inventaris/stok barang, tenaga kerja, dan ruang serta menempatkan perusahaan pada pijakan yang kuat untuk mematuhi peraturan dan standar.

WMS Manhattan Associates menyediakan sistem menejemen gudang terbaik untuk bisnis. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan pengalaman yang luas dalam menyediakan layanan desain, konsultasi untuk menyediakan layanan untuk tipe bisnis yang bervariasi antara lain : industri otomotif, logistik / 3PL, ritel, consumer good, dan farmasi. 

Kecepatan dalam pergerakan di gudang / warehouse di tuntut oleh pelaku industri yang memenuhi / fullfilment keinginan dari customer merupakan tantangan yang harus di hadapi pelaku dan pemilik bisnis, oleh sebab itu Manhattan Associates menyediakan solusi untuk menangani masalah distribusi dan perpaduan fitur, fungsi, dan teknologi yang ideal bagi organisasi yang berusaha untuk memecahkan tantangan dalam rantai pasokan.

Perangkat lunak manajemen gudang "Manhattan Associates SCALE"  yang di bangun di atas teknologi Microsoft®  dapat membantu organisasi untuk mencapai tujuan. Manhattan Associates "SCALE" di rancang dengan antarmuka yang user friendly, serta sangat mudah di gunakan.  

Manhattan Associates telah di gunakan oleh pelaku bisnis di lebih dari 49 negara.



Manhattan Associates merupakan market leader dari perangkat lunak manajemen gudang di dunia. Hal ini dapat di lihat dari Gartner's Magic Quadrant di 






Manhattan SCALE memberikan perpaduan fitur yang ideal, fungsi, dan teknologi untuk menyelesaikan tantangan eksekusi terhadap rantai pasokan yang kompleks, terlepas dari mana system di jalankan. Apakah secara premis aktif atau memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas dari cloud.

Solusi dari SCALE memungkinkan organisasi anda mencapai tujuan di mana sasaran nya menggunakan seperangkat alat dan kemampuan yang di pilih dengan cermat. Pengguna Manhattan "SCALE" dapat menikmati sentuhan yang mudah di gunakan dan antarmuka yang cepat dan user friendly. Tampilan system yang dapat di konfigurasi dan di minimalkan sehingga mempermudah user untuk memahami sysem secara keseluruhan.




Manhattan Associates "SCALE" telah di pakai perusahaan-perusahaan di indonesia selama 14 tahun, terdiri dari perusahaan 3PL, Retail. Lebih dari 40 customer dan 250 site / warehouse / gudang dan berpengalaman di bidang retail, consumer goods, makanan, farmasi dan logistik provider.


Platform WMS Manhattan Associates "SCALE" di bangun untuk kemudahan akses informasi dari lokasi atau perangkat apapun dan pemenuhan pesanan yang efisien terlepas dari saluran. Manhattan SCALE mencakup kemampuan antara lain

➽ Trading Partner Management
Memperluas kamampuan rantai pasokan dan otomatisasi komunikasi untuk menjaga  persediaan mengalir lancar, menanggapi pesanan dengan cepat dan menyediakan portal online untuk pelanggan  

 Yard Management
Untuk mengetahui posisi dan status trailer secara cepat. Jadwal kedatangan kendaraan dan mengurangi waktu loading dan unloading.

➽ Warehouse management
Menyempurnakan fasilitas gudang dengan tata letak yang efisien, pemanfaatan sumber daya , penyimpanan barang yang efisien, dan pemenuhan pesanan tepat waktu.  Dengan adanya system management gudang dapat meningkatkan distribusi SKU dengan meningkatnya akurasi picking / pengambilan barang.

➽ Labor Management
Menigkatkan kinerja di mana di waktu bersamaan mengurangi biaya, serta memaksimalkan tenaga kerja melalui perencanaan dan pemantauan.   

➽ Transportation Execution    
Mengelola aktivitas transportasi Anda, sehingga dapat berkomunikasi secara langsung dan tetap sesuai jadwal. 

Perangkat lunak manajemen gudang atau warehouse management system / WMS Manhattan Associates SCALE mencakup fungsi-fungsi yang umum di pakai di gudang 




Fungsi-fungsi yang ada di WMS SCALE antara lain :

Shipment Scheduling
Memungkinkan pihak gudang untuk mengelola semua lokasi dock di gudang untuk menerima pengiriman masuk dan pengiriman keluar. Aturan penjadwalan dock memungkinkan pengguna untuk menentukan jumlah hari sebelumnya untuk membuat penjadwalan. Penjadwalan dock di dasarkan pada kalender gudang yang terkait dengan dock dan mempertimbangkan semua hari kerja dan hari libur serta shift kerja yang di tetapkan untuk menerima atau operasi pengiriman. Setiap Dock dapat memiliki kalender dan shift tersendiri yang di tentukan saat tersedia, dan dapat juga di buat pengecualian kepada dock tertentu untuk proses penjadwalannya.  

Quality Audit
Penekanan QC terletak pada pengujian produk untuk mendapatkan produk yang cacat. Dalam pemilihan produk yang akan diuji, biasanya dilakukan pemilihan produk secara acak  apakah produk di terima atau ditolak. Hal ini dilakukan guna menjamin kualitas dan merupakan upaya untuk meningkatkan dan menstabilkan proses penerimaan untuk menghindari barang yang cacat.

⧭ Returns
Return adalah proses untuk pengembalian barang ke prinsipal yang di karenakan barang tersebut rusak, kadaluarsa atau kelebihan stock. Penyebab tersebut dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, misalnya: kelebihan stock akan mengakibatkan barang kadaluarsa, dan apabila tidak di lakukan return atau di diamkan saja maka barang tersebut dapat rusak.

⧭ Receiving
Receiving adalah proses penerimaan material, baik material lokal mau pun material impor. Bagian receiving melakukan penerimaan material dan pengecekaan terhadap barang-barang yang diterima sesuai dengan dokumen pengiriman dari supplier.

⧭ Cross Docking
Cross Docking dimana produk dari berbagai macam supplier diterima di dalam satu fasilitas gudang yang kemudian digabungkan untuk tujuan pengiriman yang sama lalu diberangkatkan dengan waktu yang secepatnya tanpa harus disimpan di dalam gudang dan melakukan proses put away, refill dan picking sehingga dapat mempercepat aliran produk dari supplier ke toko. 

⧭ Directed Putaway
Sistem SCALE akan memberikan arahan lokasi penyimpanan yang di lakukan oleh operator melalui seting / konfigurasi yang sudah di lakuakan terlebih dahulu di system WMS.

⧭ Putaway
Merupakan kegiatan / aktifitas penempatan barang yang telah di cek dan telah di catatkan ke dalam system menuju ke tempat penyimpanan barang sesuai dengan lokasi.

⧭ Cycle Count
Penghitungan kesesuaian antara stok fisik dan stok di sistem di mana tujuannya untuk meningkatkan akurasi persediaan / inventory.

⧭ Serial Tracking
Dengan adanya pelacakan nomor seri barang dapat memastikan ketelusuran yang jelas dari produk ketika menerima produk ke dalam inventaris dan ketika menjual produk. Solusi pelacakan untuk menghilangkan kesalahan dan mempercepat operasi dan di lengkapi dengna barcode untuk membaca no seri dan pemindai kode seluler.

⧭ Lot Management
Lot management adalah penomoran untuk sejumlah quantity barang yang di produksi pada suatu periode tertentu, yang gunanya untuk penelusuran berdasarkan informasi nomor penerimaan, tanggal penerimaan, nomor purchase order, nomor lot supplier.  

⧭ Physical Count
Perhitungan fisik berkala pada periode tertentu untuk sebagian jenis barang yang mewakili karakteristik-karakteristik yang ada.

⧭ Warehouse Transfer
Perindahan barang di lakukan antar gudang baik di tempat yang sama atau di tempat yang lain, terintegrasi ke dalam satu sistem.

⧭ Work Orders
Berguna untuk mengatur assembly barang jadi yang di rakit / kitting dari bagian-bagian komponen.

⧭ Inventory Control
Modul ini berfungsi untuk pengawasan terhadap stok barang / inventory, untuk memastikan ketersediaan barang dalam jangka waktu tertentu.

⧭ Wave management
Adalah fitur yang ada di wms SCALE yang berfungsi untuk melakukan pemilihan beberapa pengiriman dari kumpulan pesanan dan memproses pesanan tersebut secara bersamaan untuk pengirman.

⧭ Inventory Allocation
Modul untuk mengalokasikan stok barang berdasarkan tingkat ketersediaannya, meliputi stok on hand, stok allocated, stok in transit, stok suspense.

⧭ Replenishment
Proses pengisian kembali untuk menentukan stok barang harus di pindahkan dari lokasi yang berukuran besar ke lokasi pengambilan pick face.

⧭ Dynamic Pick Locations
Flexibilitas dalam penempatan berbagai jenis barang baik yang fast moving maupun yang slow moving,  baik di letakkan di reserve, pick face maupun di floor / lantai.

⧭ Cartonization
Proses kartonisasi / pengepakan berdasarkan item deimension, ukuran dan jenis karton sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi komplain dari customer.

⧭ Pick/Pack
SCALE mempunyai kemampuan pick/pack barang dengan berbagai cara, batch/zone picking, multi order picking, dan bulk & break down.

⧭ Put to Store
Mendukung proses kirim ke Store / toko setelah melalui proses penerimaan barang di dock.

⧭ Value Added Services
Merupakan fungsi untuk penambahan info/detail berita acara dalam suatu pengiriman karton.



IMPLEMENTASI SCALE



Arsitektur Manhattan SCALE mendukung teknologi peralatan / device yang dapat mendukung kinerja operasional di warehouse secara optimal dan efisien. Device/peralatan yang mendukung kinerja SCALE antara lain:

⧭Voice Technology, teknologi terbaru di mana di gunakan untuk mempercepat proses picking barang oleh picker. Dapat meningkatkan kecepatan hingga 40% dari pada proses picking secara manual.
⧭Moblity Computer, teknologi scanner yang di gabung dengan kemampuan komputer dapat di gunakan oleh staff warehouse dari porses penerimaan barang hingga barang keluar dari warehouse. Dilengkapi dengan operating system Windows CE, Android, dan mendukung IE 10 / 11.
⧭TPM Web Portal, wms SCALE sudah terintegrasi dengan Trading Partner Management melalui browser Internet Explorer 10 / 11.
⧭Mobile DC Insight, wms SCALE dapat di akses melalui tablet dan di akses melalui browser Internet Explorer, Chrome, Firefox, Safari.
⧭Workstation, untuk pengguna/user yang selalu berada di belakang komputer, di siapkan juga solusi workstation untuk akses. Operating system yang di dukung antara lain Windows 8.1 Sp1, dan Windows 10.




Implementasi / Deploy SCALE dapat di jalankan secara :
⧭On Premise di atas operasi sistem Microsoft server, sehingga mudah untuk di implementasi dan pemeliharaan.
⧭System SCALE dapat di letakkan di private atau public data center.
⧭Customer di beri kebebasan untuk meletakkan system SCALE di cloud, di Amazon Web Services atau Microsoft Azure




contoh tampilan SCALE yang menggunakan web browser






contoh tampilan SCALE yang menggunakan system Android.


Kick Off Implementasi Manhattan Associate SCALE 2018 antara Sayur Box dan Intramega Global di tandatangani pada tanggal 8 Mei 2019 di hadiri oleh seluruh tim WMS dari Sayur Box dan Intramega Global.

















Untuk info produk racking gudang, Software Gudang bisa kunjungi website kami di www.intramega-global.com
E-mail : cs@intramega-global.com
Phone : 021-30429952
0811 9121 231


KUNJUNGI BLOG KAMI YANG LAIN:

πŸ‘€ Teori dan asumsi dasar dalam pergudangan
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/03/teori-dan-asumsi-dasar-dalam-pergudangan.html

πŸ‘€ Latar belakang perlunya solusi untuk gudang
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/03/mengenal-latar-belakang-perlunya-solusi.html

πŸ‘€ Selective Pallet Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/03/typologi-racking-selective-pallet.html

πŸ‘€ Double Deep Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/03/typologi-racking-double-deep-racking.html

πŸ‘€ Drive In Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/03/typologi-racking-drive-in-racking-system.html

πŸ‘€ Narrow Aisle Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/typologi-racking-narrow-aisle-racking.html

πŸ‘€ Push Back Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/typologi-racking-push-back-racking.html

πŸ‘€ Flow Through Pallet Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/typologi-racking-flow-through-pallet.html

πŸ‘€ Manual Satellite Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/typologi-racking-manual-satellite.html

πŸ‘€ Mezzanine Floor Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/mezzanine-floor.html

πŸ‘€ Multi Tier Pallet Racking
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/multi-tier-pallet-racking.html

πŸ‘€ Cart Push Back Trolleys
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/cart-push-back-trolleys.html

πŸ‘€ Pull Out Unit
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/tools-storage-pull-out-units.html

πŸ‘€ Carton Flow Picking Unit
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/tools-storage-carton-flow-picking-unit.html

πŸ‘€ Standar Shelving System
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/shelving-system-standard-shelving-system.html

πŸ‘€ Narrow Aisle Shelving
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/shelving-system-narrow-aisle-shelving.html

πŸ‘€ Mobile Shelving System
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/shelving-system-mobile-shelving-system.html

πŸ‘€ Double Decker Mobile
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/04/shelving-system-double-decker-mobile_30.html

πŸ‘€ Medium Span Shelving
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/05/shelving-system-medium-span-shelving.html

πŸ‘€ Long Span Shelving
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/05/shelving-system-longspan-shelving.html

πŸ‘€ Textile Carousel
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/05/textile-storage-system-textile-carousel_23.html

πŸ‘€ Warehouse Management System

πŸ‘€ Warehouse Automations - ASRS
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/08/warehouse-automations-asrs-automatic.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Auto Store
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/11/warehouse-automations-auto-store.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - AGV
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/09/warehouse-automations-agv.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Conveyor System
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/09/warehouse-automations-conveyor-system.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - High Speed Sorting
https://solusipergudangan.blogspot.com/2018/12/warehouse-automation-high-speed-sorting.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Voice Directed
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/04/warehouse-automations-voice-directed.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Multi Shuttle2
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/05/warehouse-automation-multi-shuttle2.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Pick-to-Light
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/06/warehouse-automations-dematic-pick-to.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Zone Routing
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/07/warehouse-automation-zone-routing.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Cross Belt Sorter, Case Study Lotte Mart, South Korea

πŸ‘€ Warehouse Automations - Dematic Case Pick, Case Study Tesco Lotus, Thailand
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/07/warehouse-automations-case-study.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Dematic Order Fullfilment, Case Study Zuellig Pharma, Selangor - Malaysia  
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/07/warehouse-automations-case-study_26.html

πŸ‘€Warehouse Automations, Case Study Dematic Order Fullfilment, Zuellig Pharma - Singapore
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/08/warehouse-automations-case-study.html

πŸ‘€Warehouse Automations - Pallet Handling Conveyor System for production & distribution intralogistics
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/08/warehouse-automations-pallet-handling.html

πŸ‘€Warehouse Automations - Dematic Modular Conveyor System 
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/09/warehouse-automations-dematic-modular.html

πŸ‘€Warehouse Automations - Dematic Robotic Order Fullfilment
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/09/warehouse-automations-robotic-order.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Dematic AGV II
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/10/warehouse-automations-dematic-agv-ii.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Garment On Hanger
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/10/warehouse-automation-garment-on-hanger.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - Robotic Piece Picking Module
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/11/warehouse-automations-robotic-piece.html

πŸ‘€ Warehouse Automations - AGV Safety Features
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/11/warehouse-automations-agv-safety.html


πŸ‘€Warehouse Automations - Robotic Palletizing and Depalletizing Solution
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/11/warehouse-automations-robotic.htm


πŸ‘€ Warehouse Automations - Case Study Dematic Integrated
ASRS, AGV, and monorail systems lift Gudang Garam's logistics performance
https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/12/warehouse-automations-case-study.html

πŸ‘€ Warehouse Management System "SCALE" Update



Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

test